TUGAS 4

  1. Mengajukan judul penelitian pendidikan yang akan anda teliti
  2. Melakukan identifikasi masalah, pembatasan masalah
  3. Mengajukan rumusan masalah dan teori pendidikan apakah yang harus dipakai untuk meneliti lebih lanjut
  4. Menyatakan manfaat dari penelitian yang dilakukan, dan apakah dampak yang akan dihasilkan jika penelitian tersebut berhasil

Judul peneliian yang akan saya ajukan adalah "Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Kemajuan Hasil Belajar Siswa". 

Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat digolongkan menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakup kesehatan fisik siswa, faktor psikologis, motivasi, bakat, kreativitas, dan sebagainya. sedangkan faktor eksternal dapat mencakup lingkungan, keluarga, faktor wilayah, dan lain lain. 
Lingkup masalah pada penelitian yang saya ajukan adalah mencakup motivasi internal siswa yang dibangun oleh faktor eksternal yaitu guru sebagai pendidik.

Dari berbagai teori motivasi yang berkembang, Keller (1983) telah menyusun seperangkat prinsip–prinsip motivasi yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran, yang disebut sebagai model ARCS
Guru sering berasumsi bahwa motivasi belajar siswa merupakan masalah siswa itu sendiri dan siswalah yang bertanggungjawab untuk mengusahakan agar mempunyai motivasi yang tinggi. Namun sebenarnya guru dapat berusaha untuk menetapkan prinsip– prinsip motivasi dalam proses dan cara mengajar, untuk merangsang, meningkatkan dan memelihara motivasi siswa dalam belajar. ARCS model dapat membantu guru untuk melakukan hal tersebut.
Ada empat kategori kondisi motivasional yang harus diperhatikan oleh guru dalam usaha menghasilkan perkuliahan yang menarik, bermakna dan memberikan tantangan bagi siswa. Keempat kondisi motivasional tersebut dijelaskan sebagai berikut :
a. Perhatian (Attention)
b. Relevansi (Relevance)
c. Kepercayaan diri (Confidence),dan
d. Kepuasan (Satisfaction).
c. Perhatian

Seiring tingginya motivasi yang dibangun oleh guru dan dapat ditangkap oleh siswa, akan meningkatkan kemudahan bagi siswa untuk menerima pembelajaran

0 komentar:

Posting Komentar